Kategori
Uncategorized

Sadar Covid-19 Lebih Baik Ketimbang Mikirin Porto, dude!

Covid-19 itu nyata. Bukan mengada-ada, bukan di tipi doang. Sayangnya masih banyak yang merasa tidak demikian. Banyak yang cuek-cuek aja.

Dude! Ada masalah yang lebih serius ketimbang mikirin :

  • Dude, besok IHSG merah atau hijau ya?
  • Aduh, gimana ini porto. AD apa CL ya?

Ya, mungkin itu penting, tapi ada yang lebih penting.

Renungan malam

  1. Covid-19 itu nyata. Bukan mengada-ada, bukan di tipi doang. Sayangnya masih banyak yang merasa tidak demikian. Banyak yang cuek-cuek aja. Apa gak ada kenalan lu yg lu kenal kena covid-19? Gw ada, ada juga yang sampe meninggal. Dan gw rasa banyak yang kenalannya juga kena covid.
  2. Ekonomi dunia masih lumpuh. Pabrik masih banyak yang tutup, banyak industri terseok-seok, supply chain terganggu, pengangguran bertambah, daya beli turun, utang pemerintah menumpuk untuk stimulus, dan lain-lain. Intinya, kondisi lagi sulit.

Suka artikel ini? Masukkan email untuk mendapatkan artikel terbaru via email. NO SPAM.


Jadi, berpikirlah lebih luas. Mulailah masing-masing praktekkan social distancing, pakai masker, cuci tangan, dan semua anjuran dari pihak berwenang. Bukan hanya agar anda terhindar dari bahaya, tapi juga keluarga, kerabat, dan semua yang berpotensi bersentuhan dengan anda.

Bisa aja lu ngerasa, “Yaelah, gw sehat. Imun gw segede gaban. Ya mempan cuy!”

Masalahnya, andai lu bener sehat pun dan covid-19 sempat mampir ke tubuh lu yang kekar bin bohai itu… lu jadi carrier! Dan kalau sembarangan main salam-salaman, batuk mulut mangap gede banget pake kuah lagi, cipika cipiki… lu bisa nularin ke orang lain.

Inilah masalahnya di Indonesia, kesadarannya masih rendah. Berkaca ke negara lain yang berhasil, kesadarannya tinggi. Di Singapura misalnya, udah nyaris tidak ada kasus lagi, kenapa bisa begini? Karena kesadarannya tinggi. Bahkan sudah nyaris nol kasus pun masih terus waspada. Hari ini diberitakan, pemerintahnya masih akan mendistribusikan token TraceTogether agar bisa lebih tanggap mengatasi covid-19.

Indo? Kasus per hari masih terus naik, tapi semuanya udah gerah dan gak peduli.

Jadi mulailah lebih sadar diri, gak usah sok badan kekar dan paling imun sedunia. Praktekkan apa yang bisa lu praktekkan. Hanya dengan begitu, semakin kecil tingkat penularan, dan semakin cepat kita keluar dari pandemi ini.

Hanya dengan demikian, baru semua kerja keras, isi porto saham, dan segalanya jadi bermakna.

Semua jadi tidak bermakna kalo ente udah di dunia lain, bukan?

Ada komen, dude?