Home » Psikologi Saham » Kesalahan Dalam Investasi Saham dan Solusinya

Kesalahan Dalam Investasi Saham dan Solusinya

Kali ini kita akan membahas kesalahan dalam investasi saham dan apa solusinya. Hal ini terkait event Minggu lalu yaitu Free Giveaway berhadiah buku investasi saham.

Syaratnya cukup dengan menuliskan kesalahan apa yang pernah anda lakukan selama investasi saham dan apa tindakan yang telah dan/atau akan anda lakukan agar tidak terulang kembali.

Setelah saya baca seluruh komentar yang masuk, tidak sedikit pelajaran yang menurut saya bisa berguna untuk banyak orang. Saya yakin pelajaran tentang kesalahan selama berinvestasi dan apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar tidak terulang lagi, adalah pelajaran yang sangat berguna untuk semua investor saham. Karena itu, saya akan tuliskan ulang semua komentar tersebut agar dapat jadi pelajaran bagi kita semua.

Untuk saya sendiri, saya telah tulis sebelumnya kesalahan dan pelajaran yang saya dapatkan. Baca : Pelajaran Dari Crash Bursa Saham Global Maret 2020.

Simak kesalahan dalam investasi saham dan solusinya menurut pengguna Instagram berikut ini.

Kesalahan Dalam Investasi Saham dan Cara Agar Tidak Terulang Kembali

Berikut ini komentar user Instagram tentang kesalahan dalam investasi saham dan strategi serta solusi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

fathurwithyou

Kesalahan yang sering dilakukan adalah FOMO dude, dan strategi untuk tidak mengulanginya adalah dengan cara analisis sampai diri sendiri percaya.

ym_halim

Saya pernah mencoba beli saham karena ikut ikutan, waktu itu saya beli $fren ketika lagi rame ramenya di stockbit, karena cuma ikut ikutan saya nggak punya strategi masuk dan akhirnya cutloss karena takut harganya turun (dan ternyata emang turun terus😂). Sekarang, saya kalau mau beli saham pasti buat strategi dulu, beli di harga berapa? Jual di harga berapa? Kalau harganya turun, di angka berapa mau averaging down? Berapa tahun rencana mau keep sahamnya? Mau incar dividen atau capital gain? Dan selain membuat strategi, kesalahan beli $fren itu menjadikan saya agar waspada terhadap pompom suatu saham😁. Itu cerita pengalaman saya.#BelajarSaham #TolakPomPomSaham 😅

danielvalentinor

Kesalahan saya ketika berinvestasi saham adalah membeli perusahaan hanya bermodalkan data di platform seperti RTI Business dan Stockbit ini adalah kesalahan paling besar saya.
Strategi agar tidak mengulanginya

  1. Sebelum membeli perusahaan kita harus paham model bisnisnya, bagaimana perusahaan itu menghasilkan uang, apa moat dari perusahan tersebut dibanding kompetitornya.
  2. Selalu bandingkan data antara RTI & Stockbit dengan Laporan Keuangan Perusahaan bisa jadi net profit di periode tersebut naik karena perusahaan menjual asset, ROE perusahaan besar tapi sebanding dengan hutang perusahaan tsb.
  3. Menghitung ulang semua rasio dengan rumus asli lalu dicocokan ke data Stockbit/RTI

giovannifendy

Kesalahan yang biasanya dilakukan yaitu membeli saham hanya karena ikut2an orang lain tanpa adanya analisis terlebih dahulu 😅 Strategi untuk tidak mengulanginya yaitu menganalisis secara fundamental terlebih dahulu terkait emiten yang akan dibeli.

maximalinja

Kesalahan yang paling banyak dilakukan dalam main saham ada beberapa.

  1. Yang pertama tidak punya alasan yang jelas dalam beli saham seperti cuma ikut temen, ikutin trend.
  2. Beli saham tanpa memperhatikan analisa fundamental atau analisa teknikal.
  3. Yang ketiga beli saham karena sahamnya lagi trending mau naik/mau turun.
  4. Beli saham tanpa memahami apa bidang yang menjadi fokus suatu emiten.
  5. Yang kelima, beli saham tanpa menyediakan dana darurat.
  6. Keenam, asal buy/sell..

Strategi untuk mengatasi hal ini adalah ketahui dulu alasan yang membuat Anda ingin bermain saham apakah untuk investasi/menambah pemasukan/sebagainya. Lalu tentukan berapa persen dari pemasukan yang akan digunakan untuk bermain saham, kalau bisa sudah menyediakan dana darurat untuk 6 bulan kedepan. Kemudian ingat, harga saham bisa saja naik dan turun, jadi dalam investasi/trading saham diperlukan mental yang kuat kalau harga turun dan naik.

Kemudian saat mau buy saham, usahakan pahami betul emiten tersebut baik sektor dan fundamentalnya. Lalu saat membeli usahakan lakukan analisis teknikal dan fundamental supaya tidak menyesal dikemudian hari. Kemudian buy/sell disaat yang tepat tergantung dari individu (saya saranin untuk buy di harga terendah dan sell di harga tinggi). Dan ingat selalu berdoa kepada Tuhan supaya semuanya dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

nthnmul

planning investasi tapi gakuat sama floating profit yang ajib🤣 strategi kedepannya pendirian dikuatin, perdalam ilmu terutama lewat buku ini hahaha

m_christopher24

Rugi banyak banget sampe sampe terpaksa cutloss banyak, mau mulai belajar lebih dalem ttng value investing dan belajar banyak dari org yang udah sukses di bidang ini

umawar

Kesalahan’ stlh keep lama krn merah’ lihat Ijo dikit langsung jual! Stlh jual naik tinggi😭😭
Harus bersabar dan banyak in belajar saham…

hansj013

Kesalahan terbesar saya dalam investasi saham adalah membeli perusahaan yang wonderful di harga yang premium juga, kejadian di HMSP tahun lalu. Perusahaan wonderful di harga premium bisa saja mengandung unsur spekulasi juga. Jadi, strategi untuk tidak mengulangnya adalah mending beli perusahaan yang wonderful di harga wajar atau beli perusahaan yang biasa2 aja (tapi gak buruk) di bawah harga wajarnya. Selain itu juga harus riset tentang perusahaan yang akan dibeli, bukan beli dulu baru riset. Oiya, jg jangan terlena oleh “growth” Di masa lalu sehingga berani bayar mahal, karena bisa aja growth itu tidak sebesar di masa lalu, atau bahkan sudah tidak ada lagi growthnya di masa depan. 🙏. siapa tau dapat giveaway 😁.

yosuatahrea_k

kena pompom orang lalu rugi, strateginya masih perlu belajar banyak dri orang orang sukses


Suka artikel ini? Masukkan email untuk mendapatkan artikel terbaru via email. NO SPAM.


kevvhartanto

dalam berinvestasi kita harus mempunyai prinsip dimana kita tdk boleh hanya mendengar omongan org lain dan takut ketinggalan kereta terus kita beli sahamnya. karena ini, byk saham saham yg bagus dan undervalue tp tdk ad supply dan demand karena kurang nya kepercayaan diri investor dalam analisa sndiri nya, sedangkan saham” yang byk pergerakan justru yang hanya berbasis rumor bahwa akan naik makanya market pun mengikuti rumor ini. untuk menjadi investor yg lebih baik, kita harus mencegah sifat kita yg FOMO dan harus mengedukasi lebih dalem saham yg kita pegang agar kita tidak hanya ikut”an org tp kt bisa menganalisa dan akhirnya membeli saham yg akan memberi kita untung di masa depan🦁

danang.akmal

Kesalahan yang saya lakukan saat memulai investasi di saham adalah belum menata mindset. Saya beli saham saat sudah naik tinggi setelah saya keep ternyata turun, padahal konsep dasar dalam membeli saham adalah beli saat harga rendah dan jual saat harga naik. Strategi yang saya lakukan agar tidak mengulangi hal tersebut adalah selalu menambah wawasan dan literasi. Apabila saya beruntung untuk mendapatkan buku ini, saya akan belajar dan akan mengajarkan kepada teman dan kolega supaya tidak mengulangi hal yang sama dengan apa yang saya lakukan.

zakizmn__

Kesalahan yang paling banyak dilakukan selama berkecimpung di dunia saham ada beberapa.

1️⃣ Cuma ikut2 temen dalam buy or sell saham.

2️⃣ Tanpa memperhatikan analisa fundamental atau analisa teknikal terlebih dulu sebelum buy or sell saham.

3️⃣ Beli saham tanpa memahami apa bidang yang menjadi fokus suatu emiten.

4️⃣ Tidak menyediakan dana darurat dalam saham.

5️⃣ asal buy/sell…

Strategi untuk mengatasi hal ini adalah ketahui dulu alasan yang membuat saya ingin masuk ke dunia saham apakah untuk investasi/menambah pemasukan/sebagainya. Lalu tentukan berapa persen dari pemasukan yang akan digunakan di dalam dunia saham, kalau bisa sudah menyediakan dana darurat untuk 1 tahun kedepan. Kemudian saat mau buy saham, saya mengusahakan untuk paham betul emiten tersebut baik sektor dan fundamentalnya. Lalu saat membeli, melakukan analisis teknikal dan fundamental supaya tidak menyesal dikemudian hari. Kemudian buy/sell disaat yang tepat. Dan tawakal ke Tuhan Yang Maha Esa.

derialan

Pada saat memutuskan investasi hal yang seringkali menjadi kesalahan adalah

  1. Tidak memahami betul teknikal dan fundamental analisis ketika berinvestasi
  2. Hanya mengikuti info info dari beberapa grup
  3. Selalu membeli saham/emiten hanya berdasarkan informasi/berita berita (good news)
  4. Selalu merasa tidak puas ketika sudah cuan (greedy)
  5. Menyamakan semua resiko pada semua saham (saham gorengan & bluechip)

so terus belajar agar bisa menjadi trader yang mampu menganalisis mana yg baik dan mana yg belum baik untuk di investasikan..

adeljusak

Kesalahan saya adalah DCA super DCA. Hal ini dikarenakan financial behavior saya ingin dpt avg yg serendah mungkin 🤣, pdhl jdnya ga pede terus malah ketinggalan kereta. Solusinya harus pede dengan analisis sendiri, jng kyk harus mau avg serendah mungkin, klo emg udh dirasa murah, HAJAR COY!

waizhmuhammad

Kesalahan yg saya lakukan selama berinvestasi saham adalah kehilangan passion, mental, uang, dan waktu😭

darmadjapst

Kesalahan saya yg pernah saya lakukan saat berinvestasi adalah tidak memperhatikan keuangan rumah tangga. Menggunakan Dana yg akan digunakan dalam waktu dekat, sehingga saat dana diperlukan harus cutloss atau jual dengan profit minim 😂 Kurang memahami dasar investasi yg sesungguhnya sehingga sering keluar masuk malah banyak kena fee broker. Solusinya gunakan dana dingin dan konsisten menyisihkan dana untuk di investasikan. Disiplin dan konsisten sehingga bisa menikmatinya saat tua nanti…

cellestiane_skincare_tiens

Kesalahan diawal beli saham yg pbv > 1 dan ikut2an apa kata orang bukan hasil Analisa sendiri, skrg lbh banyak Analisa, banyak baca buku dan buat keputusan sendiri

daniel.adhi

Kesalahan saya selama berinvestasi yaitu jarang CL dude, udah terbiasa liat yang merah2 dude, saya inget selalu kata WB dude, ” Don’t lose your money”, walaupun hilang di opportunity cost tpi gpp dude, duit kaga hilang. 😂 Ya bginalah dude, saya cuma ritel2 ikan teri dude yg berharap sm ikan paus 😁

scindyf

Kesalahan saya dalam berinvestasi adalah gak menyiapkan anggaran khusus perbulan, kl mau haka baru transfer ke RDN secukupnya (dan sesuai sisa saldo wkwk), jadi kadang ketinggalan momen yang harusnya haka (terutama pas crash kemaren), tapi ga punya saldo di RDN ataupun di atm 🤣. Solusinya sekarang udah disisihkan tiap bulan yang pasti buat ke saham, langsung di transfer ke RDN, jadi tinggal haka kapanpun 😅

timeyura_

Kesalahan saya selama investasi saham adalah saya tidak analisis emiten tersebut dan ikut aja orang2 yang udh cuan gede, jadi kena pom pom wkwk, solusinya adalah saya analisis sendiri emiten yang saya ingin masuk, trus tetapkan trade plane sendiri.

timothymothymo

Kesalahan terbesar ane dulu waktu masih nubi polos tahun 2017 : HAKA BBCA 15K tapi begitu dapet dividen TP di 16K, ehh malah HAKA WSKT di 2400 yang kemudian CL di 1800 tahun depannya, sementara BBCA.. ah sudahlah… sedih dude.. Dari situ ane belajar jangan gampang dipompom. Sekian… 🙏🏻

ronnypratama_

Dulu pernah ikutan beli POSA, pake MARGIN, terus saham nya terjun bebas, dan akhirnya CUTLOSS, rasanya odading bangett 🙂 👍

jagadhitaputra

Kesalahan berinvestasi ku simple tapi mendasar om.

  1. Gak memahami bisnis emiten terlebih dahulu langsung HAKA! Akhirnya pas waktu harga turun saya jadi panik sendiri dan katloss,
  2. Gak membaca laporan keuangan dan HAKA bermodal rasio di RTI aja,
  3. Gak menyediakan dry power jadinya pas kena crash awal Maret lalu cuma bisa nonton aja, ini sih paling fatal om.

Trus strategi saya

  1. Memahami bisnis emiten sebelum beli sahamnya (beli saham = beli bisnis),
  2. Baca sumber sumber informasi emiten lk, Ar, pubex dll sebelum ke valuasi,
  3. Selalu sedia dry power trus kalau gk ada kesempatan yang menarik lebih pilih diem aja, HAKA kalau ada tawaran menarik dari Mr. Market.

sigitpribadi

Dulu waktu pertama kali masuk itu kena pom-pom dari temen. Dia cerita kalo dapet rekomendasi dari temennya yg udah masuk saham lumayan lama dan udah dapet profit gede darisana. Tanpa analisa dan pikir panjang langsung ikutan aja masuk ke saham yg direkomendasikan, cuman modal percaya aja. Syukur setelah itu cutloss dong, rugi lumayan waktu itu. Setelah itu udah ga gampang percaya sama pom-pom apapun sebelum dianalisa sendiri.

samuelbillyb

Salah satu kesalahan saya dalam berinvestasi saham adalah mencoba untuk timing the market yang berujung ketinggalan kereta 😂 solusinya kalau sudah analisa dan dirasa MOS yg ditawarkan sudah cukup, langsung haka aja hehe

magdanisahs

Kesalahan dalam berinvestasi adalah tidak sabar. Waktu itu beli saham adro tapi sudah 4 bulan tidakak ada perkembangan akhirnya saya jual dan 2 hari setelah jual nail melambung tinggi. Disitu saya kadang merasa sedih 😂

isabelwibisono

Salah satu kesalahan saya dlm berinvestasi saham adalah terlalu terburu2 avg down, tnyt malah masih turun terus. Strategi yg saya lakukan agar tdk mengulanginya adalah menunggu di titik sideways baru beli

susanto_leo91

Kesalahan yg sering ditemukan dalam investasi saham adalah

  1. Tidak mengatur management keuangan
  2. Tidak menentukan tujuan dari investasi saham.
  3. Membeli saham berdasarkan masukan dari orang lain tanpa menganalisa fundamental dan teknikal suatu emiten.
  4. Emosi.

Strategi agar tidak terulang kembali dengan cara menambah wawasan tentang investasi saham dari beberapa investor sukses dan buku ini tentu akan menjadi referensi yang bagus.🙏

fitasisiani

Kesalahan saya berinvestasi saham, langsung beli tanpa analisa emiten terlebih dahulu karena kena pom-pom, jadi ga tau kapan harus AVD, kapan harus CL, serta mudah panik kalo ada berita negatif dari luar karena ga tau sama sekali apa yang dibeli dan juga selama ini saya pakai metode DCA, ternyata saat harga murah ga ada duit sama sekali. Strategi agar tidak mengulangi lagi : pahami model bisnis saham yang kita beli, jadi ga bakal gampang terpengaruh berita dari luar, dan tabung duitnya di RDN sampai harga saham yang kita mau beli udah lumayan murah, banyak belajar analisa dan baca #belajar saham


Gimana dude? Ada pengalaman yang sama atau mirip tentang kesalahan dalam investasi? Punya strategi lain agar tidak mengulangi kesalahan investasi? Atau ada komen lain?

Ada komen, dude?